Menikmati Keindahan Alam Gunung Semeru



Bagi sebagian orang, menikmati keindahan alam merupakan kepuasan tersendiri. Meskipun lokasi destinasi yang dituju itu membutuhkan fisik yang prima karena harus melewati jalur yang menantang dan menguji adrenalin, itu bukanlah rintangan. Semua pasti akan dilaluinya untuk mencapai keinginannya tersebut.

Salah satu tempat objek wisata alam yang akhir-akhir ini menjadi tempat berpetualang yang sangat menantang adalah melakukan pendakian ke puncak mahameru 3676 mdpl di gunung semeru, kabupaten lumajang, jawa timur. Banyak sekali keindahan alam yang akan ditemui saat melewati jalur pendakian gunung semeru tersebut.

Namun untuk menikmati keindahan alam di gunung semeru tersebut, Anda harus mempersiapkan beberapa hal agar petualangan anda ke puncak mahameru gunung semeru tidak menemui kendala di jalan. Banyak hal yang harus anda perhitungkan, mulai dari biaya pendakian, waktu, peralatan pendakian, logistik hingga fisik yang harus benar-benar prima.

Beberapa Keindahan Alam Di Gunung Semeru

Danau Ranu Kumbolo

Mungkin sudah tidak asing lagi, kalau danau ranu kumbolo merupakan tempat terindah yang pasti akan dinikmati oleh setiap pendaki semeru. Semua rasa lelah dan capek di perjalanan, akan dibayar tuntas saat sudah sampai di tepian danau ranu kumbolo yang sangat indah ini.
Ada sebuah julukan, kalau danau ranu kumbolo ini merupakan hotel bintang lima. Karena saat kita camping dan bermalam di danau ranu kumbolo, pada malam hari kita bisa menyaksikan jutaan bintang di langit dan milky way yang sungguh mempesona.

Tanjakan Cinta Dan Oro-Oro Ombo

Di Oro-Oro Ombo anda akan disuguhi pemandangan tanaman yang berbunga ungu yang sangat cantik. Spot yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat pengambilan foto. Selain itu ada juga padang savana yang cukup luas dan indah. Namun, untuk mencapai Oro-Oro Ombo tersebut, dari danau ranu kumbolo anda harus melewati tanjakan yang cukup terjal, yaitu Tanjakan Cinta.

Kalimati Dan Sumber Mani

Kalimati merupakan daerah yang menjadi pos terakhir sebelum menuju puncak mahameru 3676 mdpl. Kalimati ini semacam padang savana yang juga sangat indah dan luas. Seperjalanan dari kalimati ada sumber mata air yang menjadi tempat untuk menyimpan logistik air sebagai bekal perjalanan, namanya Sumber Mani. Air yang keluar dari sumber mani ini melalui akar-akar pepohonan di sekitarnya.

Mahameru, Puncak Abadi Para Dewa

Trekking terberat adalah ketika menggapai puncak semeru ini. Kemiringan bisa mencapai 45 derajat. Anda harus menyiapkan fisik yang kuat dan juga harus tahan terhadap dinginnya malam yang begitu menusuk tulang. Tapi semua kelelahan akan terlunaskan ketika kita sudah bisa bersujud di puncak mahameru 3676 mdpl sebagai wujud rasa syukur ke Tuhan Pencipta Alam.
Itulah sedikit gambaran tentang spot-spot alam yang menarik saat berpetualang dalam pendakian gunung semeru. Ohya, akses ternyaman untuk mecapai Desa Ranupane, Lumajang, yaitu melalui kota malang. Sudah banyak jasa transportasi jeep di Pasar Tumpang Malang yang siap membawa anda menjelaah keindahan gunung semeru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar